• Telepon:
    (0461) .....

  • Email:
    bapenda@banggaikab.go.id

  • Senin-Kamis : 07.45 sd 16.00
    Jumat : 07.30 sd 16.30

Berita Kabupaten

Bupati Banggai Apresiasi Program Inovasi E-PBB Bapenda dan BNI Luwuk

Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM.,AIFO memberikan apresiasi atas program inovasi E-PBB, oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Banggai bekerjasama dengan Bank BNI Cabang Luwuk.

Aplikasi e-PBB adalah sistem informasi pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Perdesaan untuk mendukung kegiatan pengelolaan dan pelayanan pajak bumi dan bangunan. Aplikasi E-PBB digunakan untuk pemberitahuan pajak terutang objek pajak bumi dan bangunan perdesaan maupun perkotaan.

Program aplikasi ini sudah mulai berjalan dari tahun sebelumnya. Dan dengan adanya program ini semua pembayaran dilakukan secara non tunai.

Bupati Banggai pada kesempatannya, menyarankan agar kedepan bukan hanya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mempunyai aplikasi, akan tetapi merambah pada bidang lainnya.

“Kalau bisa air juga harus mengunakan aplikasi, sehingga mempermudah masyarakat,” ungkapnya kepada awak media, Rabu (5/7) di acara HUT BNI yang dirangkaikan dengan peluncuran program aplikasi E-PBB.

“Jadi kedepan saya menyarankan agar semuanya bentuk pembayaran memakai aplikasi. Dengan begitu masyarakat lebih dipermudahkan dalam pembayaran PBB,” tambah beliau.

Masih pada kegiatan yang sama, Kepala Bapenda Damri Dayanun mengaku optimis dengan adanya kerjasama pemerintah daerah dan Bank BNI Cabang Luwuk melalui aplikasi E-PBB, maka seluruh aktivitas dalam pembayaran PBB dipermudah.

Damri sapaannya juga turut mengungkapkan alasan bekerjasama dengan BNI Cabang Luwuk dalam aplikasi E-PBB, yang dinilainya telah memiliki basis agen di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai.

“Mereka (BNI,red) sudah memiliki agen-agen yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Banggai, dengan begitu memudahkan Pemda Banggai khususnya Bapenda dalam melakukan sosialisasi program pada tingkatan kecamatan,” terangnya.

Menutup pembicaraan, Damri menambahkan informasi, bahwa untuk diketahui sejumlah varian pembayaran pajak lainnya juga segera akan didigitalisasi.

“Sebab ditahun 2024, berdasarkan arahan Pusat melalui pimpinan daerah, pembayaran kewajiban kepada negara, harus dan wajib beralih ke digitalisasi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan peluncuran aplikasi E-PBB, para pimpinan OPD lingkup Pemkab Banggai beserta unsur Forkopimcam sejumlah kecamatan termasuk jajaran BNI Cabang Luwuk. 

Bagikan Atau Sukai

Komentar & Reviews (0)

Tinggalkan Komentar Anda

No Handphone tidak akan kami Tampilkan.
250 Karakter Tersisa

Tabs Berita

Polling / Survei